free trackingCara ampuh membangun Backlink
Blogging

Cara ampuh membangun Backlink

Cara ampuh membangun Backlink. Dalam SEO pasti yang paling banyak dibicarakan adalah Backlink. Bagi para blogger pemula pasti masih asing tentang apa itu backlink ? Saya akan menjabarkan secara singkat tentang pengertian Backlink. Dari namanya saja kita sudah dapat mengetahui back artinya belakang dan link tentu saja hubungan. Jadi backlink adalah hubungan belakang. Loh tambah ngawur hehe. Saya akan menjelaskan yang saya ketahui saja, Backlink adalah sebuah link yang ada dalam sebuah website yang menuju website lain. Backlink sendiri dapat berupa link internak maupun external. Link Internal maksudnya link yang berasal dari dalam website itu sendiri misalnya link yang menghubungkan suatu post ke post lain dalam sebuah blog. Sedangkan link External adalah link yang berasal dari luar website, nah link external ini lah yang sering dibicarakan, maka apabila kita memiliki backlink di website lain, secara tidak langsung website tersebut merekomendasikan pembacanya untuk mengunjungi blog kita.

Lalu apa fungsi Backlink ? Backlink berfungsi agar blog kita berada pada urutan atas SERp mesin pencari, atau setidaknya berada pada halaman pertama pencarian. Maka semakin banyak backlink semakin baik pula website tersebut dimata mesin pencari. Sebuah website yang memiliki banyak backlink berkualitas maka website tersebut akan mendapat perhatian lebih oleh mesin pencari seperti Google.com, Bing.com dan sebagainya. Jadi kesimpulanya backlink sangat diperlukan.

Bagaimana cara mengetahui backlink suatu blog ? ada beberapa situs yang dapat kita gunakan untuk cek backlink suatu blog. misalnya kita dapat gunakan ahrefs.com . disana kita tinggal memasukkan URL blog dan kita dapat mengetahui jumlah backlink yang dimiliki . namun ada kekurangan ahrefs.com yaitu kita hanya dapat menggunakan untuk sekali dalam sehari, selebihnya anda harus memiliki akun premium terlebih dahulu dan tentunya harus bayar. Selain ahrefs.com kita dapat menggunakan alexa.com, inilah yang saya gunakan sebagai indikator, selain untuk cek backlink kita juga dapat mengetahui rangking blog kita di dunia juga di negara tertentu. selain itu lewat webmaster juga bisa.
sumber trafik blog

Cara ampuh membangun Backlink

Bagaimana cara membangun Backlink ? nah setelah mengetahui fungsinya pasti anda berfikir ingin membuat backlink agar blog anda tampak berkualitas dan dapat ditemukan mesin pencari dengan keyword tertentu. cara membuat backlink sangatlah mudah.

  • Lakukan blogwalking yaitu berkunjung ke blog lain dengan meninggalkan komentar disertai URL blog anda. Usahakan anda juga berkomentar dengan baik berkualitas sesuai topik sehingga hal ini akan mempengaruhi pembaca atau pemilik blog tersebut untuk mengunjungi blog anda. Ada blog nofollow ada juga dofollow, nah blog dofollow ini lah yang dapat kita manfaatkan untuk meninggalkan sebuah backlink karena menyediakan kotak untuk mengisikan situs kita di blog tersebut hingga menjadi sebuah link aktif. sedangkan blog nofollow kita hanya dapat meninggalkan link mati yang kurang efektif untuk menciptakan sebuah backlink.
  • Menambahkan URL kita disitus Social Media dan forum seperti facebook, twitter, kaskus , idblogschool dan lain-lain. Inilah cara membuat backlink berkualitas karena situs Social Media seperti yang saya sebutkan tadi memiliki page rank yang tinggi dan banyak dikunjungi orang.
  • Mengirim sebuah artikel direktori. yang saya maksud adalah membuat sebuah artikel yang dikirimkan ke situs tertentu seperti wikipedia.org. saat kita membuat artikel tersebut kita dapat menambahkan situs kita dibawahnya. ini juga termasuk backlink berkualitas.
  • Tukar link dengan blog lain. Beberapa blog memiliki fasilitas tukar link yang dapat anda manfaatkan untuk membuat backlink.
  • Membuat blog dummy, blog dummy maksudnya adalah blog yang anda buat berisi link untuk menuju blog utama anda, usahakan blog dummy yang anda miliki beberapa artikel yang sudah terindeks google.
  • Menjadi penulis artikel blog lain. dengan menjadi penulis artikel blog lain anda dapat mencantumkan website anda sebagai seorang penulis.

Mungkin itulah yang saya ketahui tentang membangun backlink. Dari beberapa cara diatas yang paling banyak saya lakukan adalah blogwalking. selain kita dapat tambahan ilmu juga saat membangun backlink dengan berkomentar dan berbagi informasi dengan orang lain.

Leave a Comment

1 Comment